Anti Steve Jobs

Steve Jobs pernah bilang, tidak akan membuat iPhone dengan layar besar seperti yang dilakukan kompetitorkompetitornya di Android. Namun era Jobs telah berlalu, dan Tim Cook, Sang CEO Apple, mencoba berontak dari pakem Steve Jobs dan ‘mengikuti’ tren. Ya, iPhone terbaru, 6 dan 6 plus dibuatnya lebih besar, dimana iPhone 6 hadir dengan layar 4.7 inch dan iPhone 6 plus 5.5 inch. 8,5

Anti Steve Jobs

Desain

iPhone 6 hadir dengan resolusi 1334 x 750 pixels dengan ketebalan bodi 6.9 mm. Walaupun berbodi cukup besar, namun ketika saya coba menulis pesan di iMessage, presisi keyboard sangat terasa, khas iPhone, typo seperti saat saya menggunakan Android tidak terjadi ketika menggunakannya. Seperti generasi 5s, iPhone 6 dan 6 plus hadir dalam 3 warna, hitam – abu-abu, putih-perak dan putih-emas. Secara umum di sisi iOS, tidak banyak perubahan berarti, namun seperti biasa khas Apple, mampu menjadikan iPhone produk premium dengan keseimbangan di hardware dan software. Perubahan desain begitu signifi kan. Pakem yang sudah lama Apple pegang dengan bezel mendatar, kini berubah secara revolusioner. Bezel nampak melengkung sehingga terasa mantap digenggam. Tombol power pun tidak lagi berada di kanan atas, namun berpindah posisi ke samping kanan. Di bagian bawah, perubahan besar terjadi pada speaker, dimana sebelumnya mengisi sisi kiri dan kanan, kini speaker hanya tersedia di bagian kanan saja, dan ini agak mengecewakan. Beralih ke bagian belakang bodi, secara keseluruhan mengingatkan saya akan design HTC One M8. Ciri khas dari iPhone generasi sebelumnya benar-benar hilang. Tetapi secara keseluruhan, Jonathan Ive sukses besar merevolusi desain Apple. 8

Kinerja

Upgrade prosesor jamak dilakukan oleh vendor manapun ketika merilis produk baru, begitu pun Apple, iPhone 6 dan 6 plus dipersenjatai dengan chips A8 64-bit. Ketika saya mencoba benchmark menggunakan Antutu, Nampak kecepatan prosesor baru dari iPhone ini adalah 1.4Ghz dan menggunakan 2 inti. Dibandingkan kompetitor di Android memang terasa ‘tidak ada apa-apa’, namun dari segi performa iPhone 6 sangat powerful. Perlu diingat, Apple mendesign arsitektur hardware dan software agar mampu bekerja maksimal, jadi tidak memerlukan hardware dengan spesifi kasi tinggi seperti hal-nya Android. Bermain game sekelas Infi nity Blade 3 tidak pernah saya jumpai lag, apalagi ketika saya coba menggunakan TV sebagai monitornya, terasa saya sedang bermain game konsol. Performa ini bisa terjaga karena selain chips A8, apple pun meningkatkan performa chips M8. Uji dengan AnTuTu menunjukkan angka puncak (48.486) dibandingkan dengan seluruh produk mobile Apple. iPhone 5S saja tak bisa menembus angka 42.000.

Kamera

iPhone 6 memang masih menggunakan sensor 8 megapixels seperti halnya iPhone 5s, tetapi secara kualitas foto yang diambil, iPhone 6 lebih tajam. Hal ini dikarenakan Apple meningkatkan performa hardware dengan aperture f/2.2 sehingga bisa memaksimalkan cahaya yang masuk ke dalam sensor kamera. Menggunakan sensor baru ini mengambil gambar makro kini lebih detail. Untuk camera depan, masih mengandalkan sensor 1.2 megapixels. Namun secara hasil, bagi saya sangat cukup untuk berselfi e ria dan mengupload ke Instagram. Di sektor video, kita dapat membuat video slow motion dengan 240 fps, tentunya ini sangat menyenangkan bagi kita yang suka mengabadikan momen dan mengeditnya. 8,5 Multimedia Untuk berkomunikasi sesama pengguna iPhone, Apple telah menyediakan berbagai aplikasi yang terintegrasi dengan IOS 8. iMessage untuk bertukar pesan dan Facetime untuk berkomunikasi dengan media VOIP dan Video Call. Kedua layanan ini sangat menyenangkan, karena Anda tidak perlu melakukan apa-apa, tinggal menggunakan saja dengan mudah. Apabila daftar kontak yang ingin Anda hubungi menggunakan iPhone maka akan muncul tanda bahwa Anda dan teman Anda bisa berkomunikasi menggunakan iMessage dan Facetime. Dan keduanya bisa diakses menggunakan data 3G yang Anda miliki, tanpa harus repot mencari Wifi.

Apple menyempurnakan layanan Photo Apps, sekarang hadir dengan integrasi iCloud photo sharing lebih mendalam. Kita bisa menyimpan foto dan video lantas membagikan kepada teman atau saudara tanpa harus mengirimkan pesan atau email. Cukup membuat folder dan pilih folder tersebut akan kita sharing dengan siapa. Layanan ini menjadi semakin sosial, dengan munculnya fi tur komentar dan love foto yang kita suka. Apple kini menggratiskan aplikasi iWork yang terdiri dari 3 aplikasi, Page untuk membuat dokumen, Numbers untuk mengolah spreadsheet dan Keynote untuk membuat slide presentasi.

Ketiga aplikasi ini terintegrasi ke dalam iCloud, jadi jangan khawatir ketika Anda tengah di perjalanan, melihat dan mengedit pekerjaan, lantas sesampainya di kantor Anda bisa membukanya dari Macbook hasil editan tersebut. Aplikasi sekelas Garage Band dan iMovie, dimana keduanya adalah aplikasi untuk audio composer dan video editing, kini tersedia gratis. Kita bisa mengisi waktu luang dengan membuat jingle yang menarik, siapa tau bisa kita dengarkan kepada teman-teman kita kan? Soal kualitas hasilnya, sekelas aplikasi Audio Composer Professional. Kita bisa mengimport masternya ke Mac dan meneruskan pembuatan jingle kita. Begitu pun dengan iMovie, untuk membuat Video Diary mudah saja kita gunakan template yang sudah ada. Lantas kita bisa menyimpannya dalam layanan iCloud yang disediakan oleh Apple bagi penggunanya secara gratis dengan kapasitas maksimal 5GB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *