Calon Pembeli Merenovasi Rumah Tanpa Izin

Pak Yulius, beberapa bulan yang lalu saya menerima uang muka dari pembeli rumah saya dan ada kuitansinya. Pembeli mengatakan secara lisan kepada saya akan melunasi pembayaran rumah dalam 3 bulan lagi. Akan tetapi, sebulan setelah saya menerima uang muka, saya mendapati rumah tersebut sudah direnovasi oleh pembeli tanpa izin dari saya. Padahal saya belum memperoleh pembayaran secara lunas. Menghadapi situasi seperti, apa yang bisa saya lakukan? Mohon saran dari Bapak. Terima kasih.

Bapak Romi yth., terima kasih atas pertanyaannya. Terkait pertanyaan Bapak tersebut, langkah yang selalu kami sarankan adalah Bapak mengadakan musyawarah dengan calon pembeli rumah Bapak guna menemukan solusi yang terbaik. Bapak berhak untuk meminta calon pembeli untuk melakukan pelunasan secara penuh dan melakukan jual beli rumah dalam waktu yang singkat dan sesegera mungkin.

Mengingat calon pembeli telah ingkar janji kepada Bapak dengan belum melakukan pembayaran secara penuh, namun elah memanfaatkan rumah Bapak dan bahkan telah melakukan A renovasi rumah tersebut tanpa izin dari Bapak. Apabila telah ada kesepakatan kapan pembeli akan melakukan pembayaran dalam waktu dekat, maka kami merekomendasikan agar sesegera mungkin dilakukan penandatanganan akta jual beli.

Namun demikian, apabila tidak dalam jangka waktu dekat untuk dilakukan pembayaran, kami sarankan kepada Bapak untuk mengadakan Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB) dengan calon pembeli tersebut. Dalam PPJB tersebut, intinya ditetapkan kapan akan dilakukan pembayaran secara lunas atas rumah tersebut dan konsekuensinya apabila hal tersebut tidak dilakukan, misalnya calon pembeli akan mengembalikan rumah Bapak dalam kondisi semula atau Bapak akan diberikan ganti rugi sejumlah uang. Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan. Semoga penjelasan singkat ini dapat berguna bagi Bapak.

Dalam hal merenovasi rumah butuh adanya kontraktor yang handal dan terpercaya agar semua pekerjaan renovasi berjalan lancar dan tanpa kendala. Karena tak jarang ada kendala dan biaya tambahan yang terduga akibat dari ketidaktelitian kontraktor. Jasa renovasi rumah di semarang terpercaya bisa menghubungi Kontraktor Semarang CV Ratulangi Teknik. Yang telah berpengalaman diberbagai bentuk renovasi rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *