Inilah 4 Kegunaan Daun Sirih dan Cara Menggunakannya

Daun sirih merupakan salah satu tanaman yang mudah hidup di mana saja, termasuk di halaman rumah kita.

Pada zaman nenek-nenek kita dulu, daun sirih merupakan tanaman yang identik sebagai bahan untuk menginang atau mengunyah sirih.

Padahal menurut para pakar kesehatan, ada banyak manfaat lainnya yang bisa didapatkan dari daun ini.

Hal ini dikarenakan daun sirih kaya akan nutrisi diantaranya vitamin C, tiamin (vitamin B1), riboflavin (vitamin B2), niasin, karoten, serta kalsium. Berikut ini beberapa kegunaan daun sirih yang bisa kita dapatkan

1.Membantu penyembuhan luka bakar ringan

Luka bakar ringan seringkali terjadi ketika kita sedang menyalakan lilin, korek api, atau memasak di dapur.

Daun sirih memiliki kandungan antioksidan tinggi yang mampu membantu proses penyembuhan luka bakar ringan. Selain itu daun sirih juga memiliki kandungan polifenol yang bersifat antiseptik, sehingga mampu melindungi dari infeksi kuman.

Caranya sangat mudah, siapkan lima lembar daun sirih yang sudah dibersihkan, remas-remas hingga lembut, campur dengan madu murni lalu tempelkan pada kulit yang terkena luka bakar.

Kombinasi daun sirih dan madu murni ini akan mencegah peradangan dan mengurangi rasa perih.

2.Menurunkan kadar kolesterol

Bagi anda yang memiliki kadar kolesterol tinggi, anda bisa memanfaatkan daun sirih merah untuk menurunkannya.

Daun sirih mengandung antioksidan eugenol yang ampuh menurunkan kadar trigliserida dan kolesterol LDL (lemak jahat dalam tubuh). Kadar trigliserida dan kolesterol LDL yang tinggi sangat berbahaya bagi kesehatan karena akan meningkatkan risiko hipertensi, penyakit jantung, maupun stroke.

Untuk menurunkan kadar kolesterol, caranya adalah dengan merebus 5-7 lembar daun sirih merah dalam 2 gelas air dan minum air rebusan tersebut dua kali sehari.

3.Menurunkan kadar gula darah

Diabetes mellitus tipe 2 ditandai dengan meningkatnya kadar gula dalam darah akibat dari pankreas yang tidak mampu memproduksi insulin dalam jumlah yang mencukupi.

Daun sirih merupakan tanaman herbal yang berkhasiat mengatasi penyakit diabetes mellitus tipe 2. hal ini karena kandungan senyawa alkaloid dan flavonoid pada daun sirih memiliki kemampuan menurunkan kadar gula darah.

Untuk penyajiannya, anda bisa membuat sendiri dengan cara merebus 3 lembar daun sirih menggunakan 3 gelas air. Rebus air tersebut hingga air tersebut tinggal setengahnya. 1,5 gelas air rebusan daun sirih yang dihasilkan tadi bisa digunakan untuk 3 kali pemakaian dalam sehari.

Yang harus diingat, jika anda tengah menjalani pengobatan medis, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu apakah daun sirih ini memiliki efek samping jika dipakai berbarengan dengan obat dari dokter.

4.Menjaga saluran pencernaan

Kegunaan daun sirih berikutnya adalah mampu membantu produksi lendir yang akan menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Lendir yang diproduksi tadi akan mencegah luka pada dinding usus dan lambung. Selain itu, daun sirih juga berguna menormalkan tingkat pH sehingga meredakan sembelit, maag, maupun asam lambung. Anda bisa menyajikan daun sirih dengan beberapa cara, diantaranya dengan membuat jus daun sirih atau dibuat dalam bentuk air rebusan daun sirih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *