Kanker Semakin Menjadi Masalah Besar Kedepannya

Kanker Semakin Menjadi Masalah Besar Kedepannya

Merasa menemui jalan buntu, PT Edwar berinisiatif melakukan penelitian sendiri, uji praklinis sampai uji klinis, dari sel di laboratorium, diterapkan pada hewan, sampai diterapkan pada manusia. PT Edwar juga melakukan pelayanan—ini istilah Warsito—terhadap ribuan pasien kanker. Mereka inilah yang menjadi subyek penelitian. ”Semua tahap penelitian kami lakukan bersamaan,” katanya. Tahap riset ini disorot Tim Review.

Selain data rekam medis tak lengkap, ”Penelitiannya berlompatan tidak sesuai dengan tahapan seharusnya,” ucap Siswanto. Penerapan pada manusia, misalnya, harus bertahap. Dari grup kecil, lalu dievaluasi panel ahli, baru diterapkan pada grup yang lebih besar. Ihwal penerapan pada manusia, dalam jumlah ribuan, Warsito punya penjelasan. Alat ECCT dan ECVT hanya berdaya rendah, 15 volt, yang tidak membahayakan. Karena yakin alat bervoltase rendah ini aman, PT Edwar pun percaya diri menerapkan pada manusia. ”Tinggal mengurus izin edar,” kata Warsito. Para ahli berbeda pendapat soal ini.

Alat ECCT memang benar bervoltase rendah dan karenanya tidak berbahaya. Namun, menurut Edi Setiawan Tehuteru, dokter ahli kanker di RS Dharmais, penggunaan jaket Warsito ini telah membuat banyak pasien memiliki harapan semu. Seperti diketahui, sejauh ini terapi medis yang menjadi andalan dunia kedokteran adalah operasi bedah dan kemoterapi. ”Siapa sih yang enggak jeri badannya dioperasi lalu digempur kemoterapi sampai rambut rontok? Lebih enak pakai jaket, kan?” ujar Edi. Padahal jaket itu belum terbukti efektif membunuh kanker. Harapan semu yang dibawa jaket itu boleh jadi harus ditebus dengan harga mahal: kanker menyebar luas secara cepat dan jiwa pasien pun melayang.

erlepas dari berbagai kelemahan, inovasi Warsito tetap layak didorong dan diapresiasi. Menurut Siswanto, Kementerian Kesehatan serta Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi sepakat meneliti alat ciptaan Warsito. Proposal penelitian sedang digodok dan semua tahap pengujian akan dimulai dari awal. Warsito pun tak keberatan. ”Ya, mau bagaimana lagi?” katanya. Sebuah jalan tengah yang layak ditempuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *