Mindful Eating Seni Menghargai Makanan

“Saya sadar sih, membiarkan Rio makan sambil menon- ton televisi enggak bagus. Tapi gimana, kalau enggak diizinkan begitu, makannya lama banget. Terus yang masuk cuma berapa sendok. Makanya dia selalu makan sambil nonton Disney Channel,” cerita Mama Ranti tentang putranya yang berusia 4 tahun. Ya, kita sering mendengar cerita-cerita seperti ini.

Masih banyak Mama yang membiarkan anaknya makan disuapi sambil jalan-jalan, ada yang sambil bermain gadget, bahkan sambil diajak main di teras. Tujuannya, ya itu tadi, yang penting anaknya mau makan. Kalau papa-mamanya lain lagi. Pastinya pernah melakukan kegiatan makan yang dibarengi melakukan kegiatan lain.

Seperti: makan dibarengi melihat acara televisi, ngemil dan bekerja dengan laptop, mengunyah sarapan pada saat berangkat ke kantor, dan kegiatan lain yang bisa menghemat waktu sambil mengisi perut. Padahal, kegiatan-kegiatan tersebut membuat kita jadi tidak fokus dalam menyantap makanan atau yang disebut mindless eating (makan tanpa kesadaran).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *