Remote Control Parking

Teknologi ini memungkinkan Anda memarkir BMW Seri-7 terbaru di ruang yang sempit tanpa perlu dikendarai dari balik kemudi. Lewat anak kunci yang berfungsi sebagai remote control, Anda dapat memaju-mundurkan mobil sejauh sekitar 5 meter tanpa dikemudikan sama sekali. Tinggal tekan tombol dan menyentuh display mungil di anak kunci, Anda dapat menyalakan mesin, menjalankan mobil dan kemudian mematikan mesin dari luar mobil.

Mobil akan mengerem sendiri dengan cara mendeteksi saat ada obyek di depan atau belakangnya sudah mendekat. Fungsi ini sangat berguna saat harus parkir di tempat yang sempit, dimana pintu mobil tak dapat dijadikan akses keluar-masuk sopir. Anda tinggal memarkir mobil searah ruang parkir yang sempit itu dan kemudian keluar mobil untuk mengemudikan mobil secara remote lewat anak kunci. “Sensor-sensor di sekeliling mobil akan mendeteksi secara otomatis kapan mobil akan berhenti,” jelas Marcus Behrendt, Head of User Experience BMW AG.

Sedemikian majunya teknologi ini di mobil produksi massal hingga membuat BMW mensosialisasikan terlebih dulu ke regulator di Eropa soal perangkat ini. Maklum, belum ada satupun mobil produksi massal yang memakai perangkat ini. Menurut Marcus, regulator sangat concern soal safety saat mobil bisa berjalan sendiri tanpa sopir di dalamnya.

“Buat saat ini (Agustus 2015) sedang proses untuk perizinan di Eropa. Dalam 1-2 bulan ke depan akan keluar dan dapat dijual ke konsumen. BMW juga akan bekerja sama dengan regulator atau pemerintah di negara-negara lain soal izin pemakaian perangkat ini,” tambah Marcus. Meski Remote Control Parking bekerja lewat gelombang radio tapi Marcus yakin frekuensinya aman dan tak akan terpengaruh dengan sinyal gelombang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *